proumkm
SHARE :

Semakin Banyak UMKM Go Digital, Pemulihan Ekonomi Bertambah Cepat

23
07/2020
Kategori : Berita
Komentar : 0 komentar
Author : zanash


Semakin Banyak UMKM Go Digital, Pemulihan Ekonomi Bertambah Cepat

Liputan6.com, Jakarta – Para pelaku Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebanyak mungkin harus memanfaatkan penjualan berbasis digital selama pandemi Covid-19 berlangsung. Langkah ini untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Simanungkalit menjelaskan, penjualan berbasis digital dapat mendongkrak pendapatan usaha UMKM. Sekaligus mempercepat pemilihan ekonomi nasional.

‌”Sebegitu banyak UMKM di Indonesia, tetapi baru 13 persen yang online atau 8 juta UMKM. Padahal penjualan online sekarang laku keras. Kalau kita maksimalkan online akan mempercepat recovery ekonomi kita,” tegas dia dalam Webinar Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, Kamis (16/7/2020).

Vicky mengatakan, capaian angka 13 persen UMKM yang telah go digital dinilai belum mampu menggairahkan ekonomi nasional. Bahkan dengan capaian angka itu UMKM masih belum mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Padahal, lanjut dia, berdasarkan data milik Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah tahun 2018, jumlah UMKM di Tanah Air mencapai 64,19 juta. Dimana sebanyak 63,35 juta diantaranya ialah pelaku usaha mikro.

Maka dari itu, pemerintah telah menargetkan 10 juta UMKM go online hingga akhir tahun ini. Strateginya dengan menjalin kerjasama dengan sejumlah e-commerce ternama untuk menyerap berbagai produk UMKM.

Pun, pihaknya juga aktif menyelenggarakan program EDUKUM. Melalui program ini pelaku UMKM akan diberikan pelatihan untuk memperluas akses pasar dan memperbaiki proses bisnis menuju era digital.

“Pasca pandemi ini Indonesia memerlukan pemulihan ekonomi UMKM yang merata, namun juga cepat. Agar tidak ada stagnasi ekonomi yang berkepanjangan,” tandasnya.

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar