proumkm
SHARE :

BERALIH DARI PNS MENJADI PENGUSAHA SUKSES (Kiat Sukses Pengusaha Eksportir Funiture Asal Kendal)

9
11/2020
Kategori : Berita
Komentar : 0 komentar
Author : proumkm_com


BERALIH DARI PNS MENJADI PENGUSAHA SUKSES (Kiat Sukses Pengusaha Eksportir Funiture Asal Kendal)

Harapan  dan cita-cita menjadi sukses tentu menjadi impian sebagian besar orang, namun untuk mendapatkan kesuksesan bukanlah perkara mudah, dalam mencapai  kesuksesan diperlukan usaha, kerja keras dan proses panjang yang berliku sekalipun seseorang dilahirkan di keluarga kaya  untuk menjadi sukses tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Menembus pasar eksport bagi pelaku usaha kecil dan menengah tidak menjadi sebuah persoalan sulit bagi seorang yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk mendapatkan tujuan yang dicita-citakan. Hal ini dibuktikan oleh seorang  Hartono pengusaha asal Kendal  yang telah menjajal pasar eksport di negara eropa, amerika  dan asia dengan mengirimkan prodak usahanya dibidang furniture berbahan baku alumunium, plastik dan kayu.

Sebelum sukses menjadi seorang eksportir , Hartono ternyata pernah menjadi seorang PNS kemudian mengundurkan diri karena terlalu banyak aktifitasnya di usaha yang digelutinya sehingga dikhawatirkan akan menggangu dalam kerjaanya,beliau lebih memilih menjadi seorang pengusaha dibandingkan meneruskan kariernya menjadi pegawai negeri sipil.

Tiap tahun, pendapatan hartono dari ekspor produk mebel bisa mencapai 5 juta–7,5 juta dollar AS. Salah satu keunggulan bisnis usahanya adalah memberi nilai lebih pada produk mebel dengan kualitas dan inovasi design. Lahir dari keluarga sederhana sejak kecil orang tua hartono biasa menerapkan disiplin dalam segala aspek kehidupan, . Impian orang tuanya adalah anak-anaknya menjadi orang yang bertanggung jawab , mandiri dan mampu beraktualisasi dimasyarakat.

Sejak memulai bisnis furniture,  Hartono  memang berorientasi mengekspor produk ke luar negeri. Ia merupakan salah satu dari sedikit produsen furniture  asal kendal  yang sejak puluhan tahun silam aktif menjaring pembeli (buyer) luar negeri lewat perbagai pameran dan mencari buyer lewat hotel-hotel besar yang ada di kota semarang, Saat ini banyak pembelinya berasal beberapa negara di Eropa, Asia, dan Amerika  Ia juga punya perwakilan penjualan di puluhan negara.

Pemberdayaan UKM melalui usaha yang dimiliki

Perbedaan antara pengusaha lainnya, usaha yang digeluti hartono tidak hanya memfokuskan kepada nilai secara ekonomis, tetapi beliau mampu ikut serta memberdayakan UKM dengan cara membangun kemitraan dengan para UKM untuk memenuhi pesanan dari berbagai negara di eropa asia dan amerika, beliau saat ini melakukan pembinaan dan kemitraan kurang lebih hampir tiga  ribu UKM yang berasal dari, kabuapten Kendal , Cirebon, grobogan, Malang  dan kota lainnya. Pola kemitraan yang dilakukan dengan melatih para UKM untuk membuat prodak sesuai permintaan pasar  kemudian UKM tersebut membuat prodaknya dan hasil yang didapat dibeli oleh pak hartono sehingga UKM tidak kerepotan mencari pemasaran atas prodak yang telah dibuat.

Dengan pola kemitraan yang dilakukan oleh Hartono diharapkan para eksportir  bisa melakukan langkah yang sama, ini langkah yang bagus dan baik serta mampu menciptakan UKM mandiri dengan melakukan pemberdayaan secara langsung dan mampu memberdayakan para UKM bisa naik kelas, UKM  mampu melakukan proses pembuatan prodak berstandar kwalitas eksport tandas  Drs. Talkah Badrus, MM ( sekretaris deputi pengembangan sumberdaya manusia kementerian koperasi dan UKM RI)  disaat melakukan kunjungan di  Kabupaten Kendal. Beliau juga menyampaikan akan menciptakan program dalam upaya membangun UKM agar mau melakukan kemirtraan membuat prodak berkwalitas  eksport dibeberapa daerah,dengan  melakukan pelatihan didampingi oleh para pengusaha eksportir, selanjutnya para UKM tersebut melakukan kemitraan  untuk mengerjakan prodak-prodak sesuai kebutuhan yang dipesan oleh buyer di beberapa negara eropa, asia dan amerika

 

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar