proumkm
SHARE :

KOPERASI SEBAGAI SOLUSI PEMBERDAYAAN UKM NELAYAN DI WADUK DARMA KABUPATEN KUNINGAN

9
11/2020
Kategori : Berita
Komentar : 0 komentar
Author : proumkm_com


KOPERASI SEBAGAI SOLUSI PEMBERDAYAAN UKM NELAYAN DI WADUK DARMA KABUPATEN KUNINGAN

Waduk Darma mempunyai luas Daerah Pengaliran Sungai (DPS) sekitar 23,50 KM, terletak di hulu Sungai Cisanggarung di Desa/Kecamatan  Darma, sekitar 12 km baratdaya dari pusat kota Kabupaten Kuningan. Sebelum jadi bendungan, kawasan ini merupakan tanah bengkok para kepala desa dan aparat desa meliputi Desa Darma, Jagara, Sakerta Barat, Sakerta Timur, Paninggaran dan Cipasung.Luas waduk sendiri  427 hektare, dengan Kapasitas genangan air maksimal ± 39.000.000 M3. Adapun fungsi  waduk adalah  Irigasi 19.737 Ha yang dibagi dua wilayha  Kabupaten Kuningan 6.6620 H  dan Kabupaten Cirebon 13.117 ha.Selain itu melayani kebutuhan air baku untuk PDAM Kabupaten Kuningan 80 Liter/detik.

Potensi awal waduk darma dibangun punya tujuan sebagai penampung air,  membuat genangan dan airnya dialirkan sebagai irigasi diwilayah kuningan bagian timur, tapi dalam perkembangannya  waduk darma memiliki fungsi lain  ada budidaya perikanan karambah jaring apung kurang lebih lima ribu kolam sebagai bahan produksinya ikan mas, nila, dan mujair. Selain waduk darma sebagai tempat pengairan dan pemberdayaan nelayan kerambah jaring apung , waduk darma juga difungsikan sebagai tempat wisata yang dilakukan  pemerintah daerah sebagai  tujuan wisata internasional, Objek Wisata Waduk Darma letaknya kurang lebih 18 KM ke arah barat dari pusat keramaian kota Kuningan, lokasinya  sangat mudah dijangkau dari berbagai arah, dengan begini pengunjung dari luar daerah pun tidak akan takut kesasar ataupun tidak ketemu tempatnya.

Dengan adanya pemanfaatan waduk  darma kesempatan sangat besar berkembangnya para UMKM, ada hal menarik  ketika media on line pro UMKM datang dia area waduk darma yakni lezatnya ikan goreng dan bakar  yang bahan bakunya diambil langsung dari waduk darma. Potensi pemberdayaan dan penguatan para nelayan terhadap peningkatan ekonomi nelayan  di daerah waduk darma sangat penting dilakukan sebagai upaya menciptakan para nelayan mampu meningkatkan taraf ekonomi kedepannya.

Menurut Arief Rahman Hakim (Deputi pengembangan sumberdaya manusia kementerian koperasi dan UKM RI)  dalam kunjungannya diwaduk darma, sabtu 07 November  2020  menyampaikan dengan adanya  lima ribu karambah jaring apung yang dimiliki oleh dua ratus petani di waduk darma sangat memungkinkan  dibentuknya koperasi untuk membantu para nelayan dari sisi pemanfaatan penguatan disektor pakan serta  pemasaran. Selain pemanfataan bagi para nelayan dari sector pengadaan pakan dan pemasaran , koperasi juga bisa memberikan tatanan ekonomi bagi para nelayan dari sector lain diantaranya, membantu pendidikan bagi keluarga nelayan, pengolahan hasil produksi ikan dari bahan baku menjadi bahan olahan seperti, krupuk  ikan, abon ikan dan berbagai bentuk olahan lainnya. Dengan kekutan berkelompok melalui koperasi para petani nelayan akan bersama-sama melakukan sebuah langkah secara bergotongroyong dalam pemanfataan fungsi waduk darma sebagai penguatan ekonomi masyarakat yang ada disekitar.

Selaras dengan itu kepala dinas koperasi dan UKM Kabupaten Kuningan Ir.Bunbun Budhiyasa  menyampaikan bahwa kelompok-kelompok UKM nelayan diarea waduk darma lagi dilakukan upaya pembentukan koperasi sebagai pemanfaatan dalam melakukan unit kegiatan bersama secara bergotong royong, beliau menuturkan sudah ada upaya untuk kearah sana dan masih dalam proses menguatkan bisnis usaha  secara berkelompok sehingga kebermanfaatan koperasi benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat nelayan  dalam rangka penguatan ekonomi anggotanya serta memberikan nilai positif kepada masyarakat sekitar waduk darma.

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar